Selasa, 10 Januari 2006

Manfaatkan Hari Ini

Ini adalah sebuah tulisan yang pernah (dan mungkin masih) menginspirasiku. Aku berniat untuk mengabadikannya di sini. Ditulis oleh Robert J. Burdette.

"Ada dua hari di sepanjang hidup ini yang tidak perlu dirisaukan, malah sebaiknya dibebaskan dari kekhawatiran dan keprihatinan. Salah satu diantaranya adalah kemarin plus segala sesuatu yang telah menjadi "miliknya", seperti kesalahan maupun perhatian, cinta kasih maupun penderitaan.
Kemarin sudah lewat di luar jangkauan kita. Bahkan bila uang yang beredar di dunia dikumpulkan pun tidak akan bisa mengembalikannya. Kita tidak bisa menarik satupun tindakan yang telah kita lakukan, tidak bisa menghapus satupun kata-kata yang pernah kita ucapkan, dan tidak bisa meralat sebuah kesalahan yang terlanjur terjadi. Kemarin sudah lewat jauh di belakang. Biarlah ia pergi dengan tenang.

Hari lain yang juga tidak perlu kita khawatirkan adalah ESOK dengan semua "rencananya". Begitu pula, esok adalah hari yang di luar jangkauan kita. Matahari tentu masih akan bersinar. Namun entah sinarnya terang-benderang indahnya atau tertutup awan, kita masih belum tahu. Sampai saatnya ia muncul nanti, kita tidak bisa meramalkan apa yang akan terjadi esok.

Dari kedua hari yang telah disebut di muka, tinggal satu hari lagi yang tersisa, yakni hari ini atau SEKARANG. Seseorang bisa memenangkan pertempuran dalam sehari. Menyesali apa yang sudah terjadi kemarin, serta memperkirakan apa yang akan muncul esok tidak akan memberikan banyak manfaat. Oleh karena itu, apapun yang bisa kita kerjakan hari ini, kerjakan hari ini juga. " - dream blog -

0 komentar: