Kamis, 03 Februari 2011

Pengalaman Seleksi Penaksir di PERUM Pegadaian

Beberapa hari sejak bulan lalu aku ikut seleksi calon pegawai tetap di Pegadaian untuk posisi Penaksir. Aku ingin menuliskan pengalamanku, agar di tahun depan, bagi mereka yang ingin melamar kerja di Pegadaian dapat mempunyai persiapan yang lebih matang dari aku, dan lebih penting lagi, agar berhasil mendapatkan posisi di Pegadaian, khususnya penaksir seperti yang aku lamar sekarang ini.

Sebelumnya aku ingin menjelaskan bahwa Pegadaian selalu membuka lowongan untuk Penaksir setiap tahunnya, biasanya akhir tahun, di bulan Desember siap-siaplah untuk rajin membuka situs Pegadaian (www.pegadaian.co.id) bagi yang berminat. Beberapa teman kuliahku sudah berhasil diterima dan dari merekalah informasi proses seleksi aku dapatkan. Kata mereka, bekerja di Pegadaian merupakan sesuatu yang membanggakan. Selain dapat membantu masyarakat menengah ke bawah (dalam hal penyaluran kredit atas dasar gadai) khususnya UKM, kita juga memperoleh penghasilan yang sangat lumayan (gaji dan tunjangannya mantap). Cuma salah satu syaratnya umur yang tidak boleh lebih tua dari 26 tahun bagi pelamar S1 (kelahiran 1984 max.). Jadi bagi yang masih muda, apalagi yang baru lulus, cepatlah melamar. Aku aja ini udah tahun terakhir bisa melamar, tahun depan (kalo kali ini gak lulus) sudah tidak bisa lagi.

Saat aku menulis ini, aku sudah memasuki tahapan pertengahan, masih ada 2 tahap lagi di depan (Test Performance & tes kesehatan). Jadi untuk yang dua itu aku belum bisa kasih info karena belum kulewati. Inipun aku masih dag dig dug psikotesku kemarin lulus apa tidak ya? (tgl 11 Feb. 2011 pengumumannya).

Tahap 1. Masukin lamaran. Ketika lowongan sudah dibuka (cek situsnya), download PDF-nya di menu 'karir' dan baca baik-baik persyaratannya, berkas apa saja yang harus diikutkan dll. Ini gak perlu dijelaskan lagi. Baca aja di PDF-nya yang bisa didownload lewat situsnya (kalau lowongan sudah dibuka).

Tahap 2. Wawancara. Di sini khusus wilayahku (Balikpapan) terus terang banyak yang gagal. Dari 150+ peserta yang tersisah hampir setengahnya atau tinggal sekitar 80-an orang di tahap selanjutnya. Siapkan pengetahuan tentang pegadaian; apa itu pegadaian, produknya apa saja, dan apa saja yang bisa dipelajari dari Pegadaian. Buka situsnya, baca-baca, cari di internet, Wikipedia, dll. Kalau bisa jangan dihafal, tapi pahami, kalau menghafal tentunya kelihatan, kaku dll. Intinya sampaikan dengan cara kita. Saat diwawancara aku fokus pada membandingkan antara proses kredit di bank dengan pegadaian (yang tentunya menonjolkan kelebihan pegadaian daripada bank). Jangan lupa pelajari Indikasi makro di Indonesia dan kalau perlu internasional dan hubungannya dengan Pegadaian (gak nyangka pertanyaan kayak gini bisa keluar). Untungnya saat diwawancara aku masih ingat pelajaran waktu kuliah.. 3 taun lalu.. hehehehe sukurlah.

Selain itu juga siapkan jawaban diplomatis dari pertanyaan-pertanyaan jebakan, misalnya kita ditanya contoh kasus kita ditempatkan ke daerah yang bagaimana, mau apa tidak dan kenapa? Atau pimpinan kita lebih muda dari kita, bagaimana menurut kita? Atau misalnya kalau ada uang yang kurang di kasir (timbul selisih), gimana? Mau nombok atau gimana dan kenapa? Ya kalau kurangnya 20 rebu. Kalo jutaan? dll.

Terakhir, siapkan ide yang bisa memajukan Pegadaian, atau bagaimana pegadaian bisa tetap memimpin, meskipun bla bla bla.... misalnya. Kalau tidak salah di akhir-akhir wawancara ada pertanyaan2 semacam itu.

Tahap 3. Tes TPA & Bahasa Inggris. Di tes TPA, pelajari:
-sinonim kata, misalnya Pandir=...? a. pandai b. bego c. pemandangan d. cute e. semuanya benar.. lha?
tes padanan kata. misalnya hidung = upil, mata =...? a. emas b. air mata c. belek d. kebo e. retina
itung-itungan, misalnya: jika saya naik motor ke stadion dari jam 1 siang dengan kecepatan rata-rata 20km/jam dan sempat singgah ke warung sekitar 30 menit lebih 2 jam 27 menit dan sampai di stadion jam 3 subuh, maka berapakah bensinku tersisa? a. setengah galon b. abis bos, dorong sampe stadion c. semuanya ngaco d. anjrit e. au ah gelap
tes aritmetika. <--- paling susah menurutku. dari 30-an soal yang kujawab (gak tau benar apa salah) cuma 8 nomor yang aku berusaha untuk mencari jawabannya, selebihnya hitung kancing alias ngasal. tes seri angka & huruf: misalnya: 1 3 5 7 9 ... selanjutnya a. 11 b. 10 c. 19 d. 21

Kemudian tes bahasa Inggris. Pelajari TOEFL, soal-soal seperti disuruh melengkapi kalimat, atau mencari kata yang salah dalam kalimat, atau soal cerita. Tidak ada Listening.

Kurang lebih seperti itu tes TPA & Bahasa Inggris. Mungkin cuma itu yang bisa kuingat, jadi jangan dijadikan satu-satunya patokan, pelajari yang lainnya yang mungkin belum ada di atas. Selain kemungkinan aku salah ingat, juga Pegadaian tiap tahunnya mungkin selalu meng-upgrade soal dan metode seleksinya. Jadi di tahun ini belum tentu sama dengan tahun depan. Juga jangan lupa untuk memastikan menjawab semua soal, entah itu salah atau benar, yang penting terisi. Daripada kosong, itung-itung ada yang kebetulan benar, toh tidak ada nilai minus kalo salah.

Tahap 4. Psikotes.
Sering latihan hitungan koran, Tes Wartegg, gambar pohon (Baum), gambar orang, dan gambar rumah. (Cari di internet contoh-contohnya). That's all.

Tahap 5. Test performance aku belum ikuti. Doakan saja di psikotes aku lulus sehingga bisa ikut tes performance. Kalau memang iya, akan aku tuliskan pengalamanku di sini.

UPDATE:

Ok, so here we go. Aku sudah melewati tes performance dan tes kesehatan, tigngal menunggu pengumuman final di 11 maret nanti. Kalau lulus, berarti tinggal OJT (On the Job Training) dan Training ke Jawa. Wish me luck!

Dan ternyata, tes Performance adalah interview lagi. Yang interview dari para petinggi Pegadaian setempat. Pertanyaannya sangat standar, seperti, apa motivasi melamar di Pegadaian? Apa kelemahan dan kekurangan? dan juga tentang hobby. Cuma seputar diri sendiri. Abis itu disuruh jalan keliling ruangan dengan cara berbaris. Aku tidak tahu apa artinya itu, tapi aku memilih untuk berjalan sedikit lebih cepat (tapi tidak kentara) dari peserta lain.

Setelah dinyatakan lulus, besoknya aku langsung mengikuti tes kesehatan di RS yang ditunjuk Pegadaian. Untuk tes kesehatan, kita disuruh puasa mulai jam 10 malam hingga tes besoknya. Tesnya diambil sampel urin, darah, ukur tinggi dan berat badan, tensi tekanan darah, rekam jantung, rontgen, tes buta warna, tes pendengaran, pemeriksaan umum seperti gigi, pupil mata, telinga, tenggorokan, dan anus.. that's all.

Bagi kalian yang baru ingin melamar dan sudah membaca pengalamanku di atas, what the fucking hell are you waiting for?? Sudah ada gambaran jelas tentang tesnya, tinggal latihan dan yakinkan diri lulus! GO Pegadaian!

47 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga juga saya lulus psikotes...
amiiin...

Imam Yahya mengatakan...

ikut di wilayah mana bro? ya.. smoga kita smua lulus. amin

Andika Hermawan mengatakan...

Semoga kita lolos semua sampai jadi pegawai tetap pegadaian... amiin... :)

Anonim mengatakan...

Saya ikut d semarang...
Buka pengumuman nya susah bngt...

Imam Yahya mengatakan...

thank God sy lulus bro!! gmn tmn2 lulus jg kan?? btw tmn2 kaskuser jg ya??

abdullah mengatakan...

assalamualikum
saya tes wilayah jakarta..
tes performance apa aja ya gan..
berhubung kita beda wilayah.. pasti kan gk bersaing,, nanti kasih cendol deh gan...

Imam Yahya mengatakan...

katanya sih wawancara lagi gan, pelajari perkenalan dalam bahasa inggris, trus tentang bidang studi kita, sm tentang pegadaian dan UMKM. ada jg yg bilang kita dinilai penampilan, cara berpakaian, kerapian. prepare jaa bro. ane tgl 17 br tes. smoga sukses. ente tgl brp?

abdullah mengatakan...

ane tanggal 17 jg.. dijakarta..
moga2 lulus ya kita..
:beer:

Imam Yahya mengatakan...

ane udah tes kesehatan gan, tinggal tunggu pengumuman terakhir maret nanti. agan gmn? smoga kt lulus smua gan..

kawan seperjuangan mengatakan...

sy juga ikut tes kesehatan pegadaian tgl 24 feb 2010 di RSPAD. Kalau sblm nya sy pnya keyakinan cukup tinggi utk melewati tes nya,kali ini bnr2 cemas,karena sy buta warna parsial. Hanya bisa tawakal...
Semoga agan2 yg ikut tes juga,pada lulus,amin...

Imam Yahya mengatakan...

tes di balikpapan juga kah bro? namanya siapa? aku tesnya hari ke-2.. sama bro, aku jg kali ini agak kurang yakin dr tes2 sebelumnya, karena berat dan tinggiku tidak proporsional.. dan aku mantan perokok..
mari sama2 berdoa dan tawakkal..

mico mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mico mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mico mengatakan...

klo tinggi badan kurang dari syarat min, bs jd masalah g ya bro nantinya... saya pengen ikutan tes ini,,, thx infonya.

Unknown mengatakan...

mico: kalo soal itu bro, mungkin bs jd nilai minus utk penilaian, tp kl lulus ya lanjut terus aja. sp tau situ pnya kelebihan lain. sekedar info: kemarin saya gak lulus tes kesehatan mungkin karena berat badanku gak ideal dengan tinggiku (tinggi kurus). jd buat pelamar yg berat di bawah 55, sy sarankan 2-3 bln sblm medical test usahakan naikin berat badan, usahakan tinggi ideal dgn berat. dan buat perokok, stop rokok minimal 1 bln sblm medical test. obati gigi berlubang, wasir, dll sblm medical test..

Unknown mengatakan...

gan kalo akrediasi jurusan C msh ad ksempatan lolos administrasi gak yah??pngen banget ikutan...mohon infonya gak kalo tau hehehhe

Anonim mengatakan...

Hai gan thx infonya, ada rencana mau coba lamar kesini. Utk proses rekrutmen dan seleksinya sendiri brp lama ya gan? Contohnya nih, di situs dtulis kan terakhir pendftaran 10 nov, nah kira2 brp lama ya dipanggil utk tahap selanjutnya?

imhaya mengatakan...

pipit zunaintin: coba dilihat di persyaratannya yg didonwload di situsnya. aku kurang tau pastinya

anonim: dulu sih kalo saya ga salah inget, perantara setiap tahapan waktunya sekitar 1-2 minggu... rasanya lumayan cepet kok.

Anonim mengatakan...

bro kira-kira aja nie.. menurutmu gaji pegawai tetap di pegadaian brpaan sih? kira kira gt?

Unknown mengatakan...

anonim; temenku dulu 4-5 jutaan, blm masuk bonus2. skrg plg udah naek lg tuh

Anonim mengatakan...

Bro mw ny tes keshatan slain di atas periksa alat kelamin gak..?

Unknown mengatakan...

sy tinggal wawancara ma kesehatan tes pegadaian 2012 ini mbkk... sy gak yakinnn tpi nya.. huhuuh krna yg masuk in lamaran saudara, jdi sy gak tw klw pake TB ma BB .. tinggi badan sy kurang dri 155 cuma 150.. apa masih punya harapan ya mbk lulus tes kesehatan

Anonim mengatakan...

saya juga mau tes wawancara di pegadaian nih mbak.. kira2 gimana ya triknya biar kita bisa lulus? tlg bantu ya mbak..

Anonim mengatakan...

saya sarjana lulusan non keuangan.lbih kepada ilmu humas.jadi ngerasa gak pd.biasanya berapa persen pegadaian mengambil jur diluar keuangan itu?selama ini sudah sering mengkuti tes2 smpai tahap akhir tapi tetap saja pada akhirnya saya gak dipanggil.tes pgdaian ini saya berusaha sungguh,tpi kdg pkiran2 negatif sperti latar blkang pndidikan ini muncul menggangu,sehingga PD saya luntur.

Imam Yahya mengatakan...

dulu sih gak ada periksa kelamin. buset...

kl dulu tinggi min. 150 utk cewe

kl wawancara akhir sih udah hampir pasti lolos. jawab optimis aja

kayaknya gak ngaruh mau dr jurusan apa aja. biar keuangan jg ada yg ga lolos

Taslim mengatakan...

Mbak, berarti polanya sekarang berbeda ya Tes nya, yang sekarang ini, Wawancara dan Medical dilaksanakan di akhir, setelah TPA dan Psikotes . . . Saya sih PD-PD aja lah, Positif Thinking hasilnya Positif juga Insya Allah, ^^

Anonim mengatakan...

Oh, share dong biasanya yg ditanya dlm wawancara itu ttg apa2 saja? Lamanya wawancara? Yg skrg ini gda wawancara di awal, hanya di akhir. Trs tes ksehatan. Anda krja di Pegadaian kn Mas? Ada kabar ga brpa yg diambil utk saat ini?

Unknown mengatakan...

taslim: kalo dulu ada wawancara awal, trus terakhir sblm tes kesehatan wawancara lagi (namanya performance test). kl sekarang cm 1x aja ya.. lebih ringan donk. btw saya cowok kok dipanggil mbak. :(

anonim: itu udah kutulisin di atas, baca aja itu pengalamanku wkt tes. ya mgkn ada yg beda2 tergantung pewawancaranya. moga2 bisa membantu.

Anonim mengatakan...

hii admin..
share dong jawaban2 n pertanyaan kamu pas wawancara,tlg detail ya.mksh :)
tes kesehtan kmrn pada buka2an slrh badan atw ga? cz aq lht penjelasan admin ad rontgen..jawab y.mksh ^^

Clara mengatakan...

Mas, biasany wawancarany brpa lama? Oh ya, tau ga brpa org yg diambil?

Unknown mengatakan...

iya dong mass..posting pertnyaan2 wawancara nya...biar bisa blajar..hehehe ^_^

Anonim mengatakan...

kalau dapat jadwal wawancara hari jumat, baiknya pakai baju batik atau tetap pakai baju resmi kantoran ya? terima kasih....

Anonim mengatakan...

Agan-agan skalian, ane mau nanya ni, apa pegadaian ada pembukaan lagi tahun 2013 ni buat umum ???? thanks agan skalian

Anonim mengatakan...

Agan-agan skalian, ane mau nanya ni, apa pegadaian ada pembukaan lagi tahun 2013 ni buat umum ???? thanks agan skalian

Unknown mengatakan...

min minta tolong pendapatnya donk,
saya kan baru mau ngelamar nih, sebaiknya surat lamaran di tulis tangan atau ketik yah?

Unknown mengatakan...

Wish me luck

Unknown mengatakan...

Wish me luck

Unknown mengatakan...

Wish me luck

Unknown mengatakan...

Agan agan mau tanya donk . Itu tes kesehatan nya sma keg tes kesehatan polisi gk ? Smpe hrus di tes sluruhnya ?

Bahran mengatakan...

Saya baru lulus wawancara user untuk tes pegadaian 2015.
Pasti saudara Imam Yahya sekarang sudah lulus dan bekerja di Pegadaian.
Jadi saya mau nanya, gajinya di Pegadaian berapa ya? Terus kalo kerja di Pegadaian apa diberikan kesempatan untuk melanjutkan sekolah (ke tingkat S2 misalnya)? Dan terakhir, apa benar di Pegadaian sistem penempatan dan mutasinya tidak melihat domisili dan terkesan sedikit menyeramkan?

sangat mengharapkan jawaban dari anda

Thanks and Regards

abduh mengatakan...

Sy mau tanya,sy sudah tes kesehatannya,apalah kasih ada yg di gugurkan? Sementara masih menunggu pengumuman

Ricky mengatakan...

harus berpikir pikir dulu bro kalo mau kerja di pegadaian, harus siap meninggalkan keluarga, meninggalkan kampung halaman, harus siap 1 thn 1x pulang ke kampung halaman kalo ditempatkan di pelosok

Unknown mengatakan...

Kalau sudah on the job training sudah pasti lulus gak ya...??

Unknown mengatakan...

Surat lamarannya tulis tangan atau diketik bos ?

Unknown mengatakan...

Surat lamarannya tulis tangan atau diketik bos ?

nana mengatakan...

Terimakasih sudah berbagi pengaklamannya kak ^^
Boleh tau ditempatkan di daerah mana ya? dan mau tanya kalau untuk yang lulusan SMA nanti bisa ditempatkan di bagian apa ya? bagaimana dengan gajinya dan bisa naik jabatan kah?

Faaa mengatakan...

Maaf kak mau nanya kalau stlah diklat dan diangkat pegawai tetap apa boleh menikah