Membaca berita tentang peperangan yang terjadi di Palestina, membuat hatiku miris. Ada ribuan orang yang mati; anak kecil, ibu-ibu, orang tua. Dan mereka semua mati hanya dalam hitungan hari, gak cukup sebulan. Betapa mudahnya nyawa-nyawa itu dihilangkan. Saya benar-benar marah; saya marah kepada manusia-manusia itu, pembunuh berdarah dingin. Saya marah kepada dunia, yang membisu 1000 bahasa menyaksikan ketidakadilan ini. Namun saya juga marah terhadap diri sendiri, yang tak mampu berbuat apa-apa, kecuali berdoa dan memboikot.
Saya kenal manusia-manusia ini, meskipun tidak pernah bertemu dengannya. Saya kenal mereka dari kitab suci, buku-buku, media, maupun pembicaraan orang-orang. Manusia-manusia ini lihai. Paling lihai kalau soal "lempar batu sembunyi tangan". Sejak dulu, sejak mereka terusir dari "tanah yang dijanjikan". Tanah yang dijanjikan? Ah, omong kosong doktrin itu. Yang benar adalah mereka terusir dari segala tanah, karena kaum ini selalu mendurhakai para nabi dan tuhannya (kecuali sebagian kecil dari mereka). Bahkan sejak nenek moyang pertama mereka, Yakub. Dan sekarang mereka ingin menguasai segala tanah; bumi ini (new world order). Dimulai dari tanah suci itu, tanah para nabi.
Mereka memulai, maka mereka yang mengakhiri. Manusia-manusia pembuka gerbang armageddon dunia, Allah sedang menangguhkan kekalahan kalian. Namun tiba saatnya nanti, kalian akan mengalaminya. Telak.
Kamis, 22 Januari 2009
Manusia-Manusia Pembuka Gerbang Armageddon Dunia
Selasa, 30 Desember 2008
Itulah Kenapa Saya Benci TV Nasional
Bukan berarti saya tidak punya nasionalisme. Justru, karena saya punya rasa nasionalisme, maka saya tidak suka nonton tv nasional. Coba kita lihat acara-acara tv nasional kita sekarang ini dengan kacamata jiwa indonesia tulen kita.
Nonton tv sekarang ini ibarat nonton everydamnthing about Jakarta sana yang telah menjadi teladan pop culture di Indo. Menonton tv sekarang ini ibarat mempertukarkan kearifan lokal kita dengan budaya luar (yang negatif, sayangnya), yang sayangnya lagi, dijelmakan dalam bentuk produk lokal.
Sebut saja, aneka sajian reality show, kontes nyanyi, infotainment, dan yang paling parah, sinetron. Mereka telah menabrak budaya lokal privat dengan menampilkan percintaan antar-individu dalam bentuk semi-rekayasa. Mereka juga telah menghujam nilai-nilai agama dengan menjual gosip. Sinetron lebih parah, mereka mendidik generasi muda menjadi anti-ilmiah, manja, hedonis. Bahkan aku berani bilang kalo tv sekarang ini menjadi salah satu faktor kenapa banyak pemuda dalam usia dini sudah berani berhubungan seks di luar nikah.
Itulah Kenapa Saya Benci Sinetron
Pernah nonton sinetron yang menggambarkan kisah keluarga borjuis? Anak muda orang kaya cakep seksi? Ato sinetron yang menggambarkan cewek gembel pengemis urakan penjual koran tapi cantik gak jerawatan? Aku sih gak mempermasalahkan apakah sinetron itu menceritakan orang-orang dari kalangan kaya atau miskin. Tapi aku benar-benar mempermasalahkan solusi dari konflik yang menghiasi jalan ceritanya. Atau singkatnya, "amanah" yang diusung dari kisah itu.
Kisah gadis miskin yang kemudian ketemu ama cowok keren & kaya, ditawari kerjaan dan ujung-ujungnya pacaran/nikah. Atau Kisah gadis miskin (tapi muka blasteran indo-bule) yatim piatu yang kemudian diadopsi oleh orang kaya. Dan selanjutnya terjadilah konflik-konflik gak mutu di alur cerita selanjutnya. WTF?
Tidak adakah kisah yang menggambarkan perjuangan universal, perjuangan yang menghasilkan kebahagiaan bukan karena kedermawaan-kebetulan-durian runtuh, tapi karena keuletan, kerja keras, ketabahan disertai proses berfikir dan menganalisa untuk mengatasi sebab-sebab yang memiskinkannya? Tidak adakah kisah yang menceritakan perjuangan universal, perjuangan seorang gadis miskin (gak perlu cantiklah) yang mencari sumber politis dari kemiskinan yang menimpanya? Kalo memang sinetron memiliki amanah yang mencerahkan, seharusnya para sutradara otak-buntu itu membuat kisah yang tidak cuman berkutat pada solusi kedermawaan dalam kehidupan sosialnya.
Sinetron Adalah Kemunduran Berpikir
Lebih parah lagi, kisah mistik dan gaib yang menghiasi kisah-kisah di sinetron semakin menambah daftar hitam bobroknya Tv nasional kita. Kisah remaja maupun anak-anak yang banyak didominasi oleh jin, setan, hantu, tuyul, sihir, ato kisah anak kecil yang bisa simsalabim, abdakadabra, kunfayakun... Inilah yang membuat generasi muda kita menjadi anti-ilmiah. Btw, Aku punya teman yang takut ke toilet sendirian kalo udah nonton ato diceritakan tentang hantu-hantu (he is a man, as far as i know). LMFHAO!!
Coba kita bandingin ama film-film di jepang ato barat sana yang sama-sama berkisah tentang anak kecil. Ada anak kecil yang berperan jadi detektif, ikut membantu dalam membongkar kejahatan. Ada petualangan anak kecil yang berusaha meloloskan diri dari kamp tawanan perang. Ada kisah anak kecil yang menyusun rencana untuk mendamaikan kedua orang tuanya yang telah berpisah. Semua film-film itu melibatkan proses mengatur taktik dan strategi, menganalisis, berfikir secara kritis, akal, dibantu dengan teknologi yang ada. Lha kok malah ini film indonesia menangkap penjahat dengan bantuan jin. Grow up please.
Logika mistik inilah yang menjadi racun dalam peradaban kita di era modern ini. Anak yang nonton sinetron tersebut tentunya akan berkesimpulan bahwa dunia ini dikendalikan oleh kekuatan mistik. Ucapkan selamat tinggal pada logika kritis, realistis dan pencarian kebenaran secara objektif universal. Anak-anak nantinya akan menjadi impoten dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Serta merta mereka hanya pasrah, menyerahkan nasib diri kepada logika mistik. Atau mereka hanya masturbasi membayangkan ketemu sama orang kaya cakep seperti yang dia lihat di sinetron tadi, menjalani kisah seperti di sinetron. Ucapkan selamat datang kembali kepada jaman kegelapan...
salah satu temenku, seorang movie-hunter pernah bilang, sebuah film adalah cerminan dari masyarakat setempat di mana kisah film itu bercerita.
Kekakuan Membabi-Buta
Kekakuan yang sering terjadi di sinetron adalah di mana terdapat figur yang antagonisnya kelewatan; wanita kaya licik bermuka bengis, berkepribadian ganda, penyebar fitnah, suka ketawa cekikikan atau ngomong dalam hati sambil pasang tampang sinis. Suck my D.
Atau plot di mana gadis dan cowok utama berjalan berlawanan arah dan kemudian tabrakan (never forget that damn 'slow motion') hingga buku-buku si cewek berjatuhan. Selanjutnya terserah anda... gw mau muntah dulu!
dst.. all of them. KAKU.
Dan ItuKah Kenapa Saya Benci Selebritis Lokal?
Mungkin. Selain karena selebritis lokal doyan banget ama rumus ini: cerai + mengumbar udel + selingkuh sama pejabat = percepatan popularitas.
/ Selasa, Desember 30, 2008 2 komentar
Kategori: Opini
Minggu, 09 November 2008
6 Tips Dalam Memilih Nama Domain
Pemilihan nama domain itu penting dalam hubungannya dengan sukses atau tidaknya sebuah bisnis internet. Anda mungkin berpikir bagaimana hal kecil itu memiliki pengaruh yang besar terhadap bisnis anda? Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan memikirkan tentang bagaimana pentingnya sebuah lokasi bisnis offline? Jika anda tidak memilih lokasi terbaik buat bisnis anda, kemungkinan besar anda tidak akan mendapat banyak pengunjung. Seperti itulah pentingnya sebuah nama domain.
Di artikel pendek ini, saya ingin membagikan 6 hal penting yang harus dimiliki sebuah domain yang bagus untuk memastikan anda mendapat sukses yang maksimal.
1.) Mudah diingat
Jelas. Domain bagus haruslah mudah diingat. Tentunya kita semua punya pilihan masing-masing untuk mem-bookmark situs-situs yang kita senang untuk kunjungi; tetapi kenyataannya masih banyak pengguna internet yang tidak memanfaatkan fasilitas bookmarking. Maka dari itulah, adalah penting untuk memastikan bahwa nama domain harus mudah diingat. Nama domain haruslah simpel, mudah diingat, dan jelas. Coba lihat Yahoo.com, Google.com, Alexa.com, dan masih banyak contoh lain. Saya yakin saya tidak akan pernah kelupaan ketika ingin mengetik nama-nama domain itu di address bar saya. Kecuali saya pernah kejeduk pintu dan tiba-tiba kena amnesia kali ya? whehe...
Dalam memilih domain, penting juga untuk menghindari kompleksitas dan pada umumnya juga ide bagus untuk menghindari inisial. Kecuali jika memang itulah yang merepresentasikan nama website atau bisnis anda, dan tentunya jika memang masih tetap mudah diingat.
2.) Pendek dan keren
Dua puluh karakter adalah jumlah maksimal yang sebaiknya anda gunakan untuk nama domain, sepuluh jauh lebih bagus. Nama domain yang panjang dan rumit tidak akan membantu anda sama sekali. Pokoknya sebisanya buat nama domain anda tetap pendek tapi juga tetap cantik. Ingatlah hal ini: domain terbaik masih di bawah sepuluh karakter, domain bagus antara sepuluh sampai dua puluh karakter. Dan yang terjelek di atas dua puluh karakter.
3.) Pilih baik-baik ekstensi domain anda
Ada beberapa extension domain yang bisa dipilih seperti .com, .net, .org, .tv, .info, .gov, dan masih banyak lagi. Bagaimanapun, beberapa dari extension itu akan berdampak lebih baik dan lebih mudah diingat dibanding yang lain. Hal yang harus diingat juga adalah beberapa extensi domain dibatasi penggunaannya seperti .gov, atau kalau di Indonesia, .go.id (khusus pemerintahan), atau .ac.id (khusus pendidikan), dan lain-lain. Maksudnya tidak sembarang orang yang bisa menggunakan nama-nama domain itu. Ekstensi .com masih yang terbaik karena paling banyak digunakan sehingga paling mudah diingat. Tanya kenapa del.icio.us berubah menjadi delicious.com?
Extension .net terbaik kedua setelah .com, tapi hati-hatilah karena orang akan mengetikkan .com sebelum .net apabila dia tidak ingat extensi dari situs yang dia ingin buka. Tapi perlu diingat juga, ekstensi domain juga harus disesuaikan dengan tipe situs yang ingin kita bangun. Misalnya, .tv adalah domain khusus untuk penyiaran televisi, seperti rcti.tv, .org umumnya digunakan oleh organisasi non-profit atau situs pendidikan. .fm tentunya digunakan oleh penyiaran radio atau broadcasting, misalnya last.fm.
4.) Pengucapan adalah segalanya
Memiliki nama domain yang sulit diucapkan dapat menghasilkan masalah. Lagi-lagi, banyak orang tidak menggunakan fasilitas bookmark; oleh karena itu, jika nama domain anda sulit diucapkan, pengunjung mungkin justru akan berakhir di situs pesaing anda. Ingatlah ini: sulit diucapkan juga akan berarti sulit diingat.
Nama domain yang baik hanya terdiri dari kata(-kata) yang mudah diucapkan, memiliki kombinasi kata atau huruf yang digunakan dalam bahasa sehari-hari, dan tidak terdiri dari kata luar/asing yang memungkinkan akan sulit bagi kalangan pengguna yang ditarget.
Penting juga untuk menekankan huruf besar pada awal nama domain kita nantinya, maksud saya misalnya storyoftheyear.com, kita tulis di web kita dengan StoryOfTheYear.com sehingga setidaknya membantu user untuk lebih mudah mengingatnya.
5.) Punya cerita dibalik namanya
Nama domain yang baik juga seharusnya deskriptif dan punya cerita atau kisah atau sejarah dibaliknya. Dengan kata lain, ketika pengunjung, hanya dengan melihat nama domain maka mereka langsung bisa tahu apa yang akan mereka temukan. Misalnya, bisnis anda tentang blog, maka problogger.com adalah nama yang bagus. Anda sudah tahu cerita dibalik nama Google?
6.) Hindari simbol yang tidak perlu
Tidak akan pernah menjadi ide bagus untuk menggunakan nomor atau simbol dalam nama domain anda. Meskipun nama domain anda mudah diingat, banyak pengguna internet tidak akan memperhatikan simbol, yang akan memungkinkan untuk justru menuntun mereka ke situs orang lain ketimbang situs anda. Misalnya apa ya.. hmm contohnya cari sendiri aja ya...
/ Minggu, November 09, 2008 1 komentar
Kategori: internet
Rabu, 29 Oktober 2008
Alexa Ranking: Pentingkah?
Postingan ini bukan buat para master blogging, soalnya aku yang nulis bukan master dan aku nulis sekedar sharing aja sesama newbie. Boleh dibilang ini sok taunya aku aja. Padahal blogku sendiri aja di Alexa rangkingnya jeblok banget (Rank: 3,515,739). Sama waktu kuliah IP ku pernah jeblok sampe 0,0 (ga ada mata kuliah yg lulus!). Teori tau tapi praktek ga ada. Jadinya percuma.
Jadi menurutku selain blog itu harus berada di posisi atas di hasil pencarian Google, suatu blog juga harusnya diusahain supaya punya ranking yang tinggi di Alexa. Nah pertanyaannya adalah, apa sih itu alexa ranking? Apa itu mirip Google? Apa pentingnya? Apa pengaruhnya terhadap blog? dll.
Apa itu Alexa ranking?
Alexa ranking adalah suatu sistem perangkingan yang disediain oleh alexa.com (dikontrol oleh amazon.com) yang pada dasarnya menghitung, mengevaluasi dan memperlihatkan jumlah kunjungan yang didapat oleh suatu blog. Perhitungan alexa untuk menentukan ranking suatu blog simpel banget, berdasarkan dari berapa jumlah trafik yang didapat blog dari orang yang punya Alexa Toolbar terinstal di browsernya, dalam periode 3 bulan. Jadi kalo orang yang telah menginstal Alexa Toolbar terintegrasi ke browsernya (dinamakan Alexa users) trus ngunjungin blog kamu, maka kunjungan itu akan menaikkan ranking blogmu di alexa ranking. Dan dalam 3 bulan ranking itu akan direset, diperbaharui lagi, begitu tiap 3 bulan.
Ada beberapa parameter yang dipake, yaitu reach dan page views. Reach adalah jumlah Alexa user yang mengunjungi blog kita, dan page views adalah jumlah suatu halaman tertentu dalam blog yang dikunjungi oleh Alexa user. Tapi kalo misalnya seseorang alexa user mengunjungi suatu blog beberapa kali dalam sehari, itu dihitung satu kali saja. Jadi itungannya daily, 1 IP address.
Bagaimana sistem Alexa Ranking bekerja?
Seperti dijelaskan sebelumnya visitor harus punya alexa toolbar. Jadi, cukup kunjungi alexa.com dan download trus install alexa toolbar-nya. Toolbar ini menyediakan fitur pencarian web dan memperlihatkan ranking alexa dari tiap situs yang sedang kita kunjungi. Jadi ketika kita kunjungi suatu situs/blog, maka alexa toolbar ini akan mengirimkan data berupa IP address kita dan halaman yang sedang kita kunjungi. Halaman yang kita kunjungi itu akan dihitung rankingnya berdasarkan jumlah kunjungan dari total alexa users dalam hari itu. Kayaknya udah cukup jelas ya.
Banyak orang bilang kalo blog kita udah bisa menembus ranking 100.000, itu udah bisa menjadi indikasi kalo blog kita rame dikunjungi orang. Selamat!!! Btw kapan ya blogku bisa begitu? rank 3,515,739 <--- fyuhh prjalanan msh panjang... Trus, after all, apa pentingnya Alexa ranking itu? What is the "worth"? What is the 'Ups' and 'downs'? Kita sekarang bicara untung rugi nih. Keuntungannya:
Kekurangannya:
Tips-tips-an untuk mengoptimasi Alexa ranking anda:
Sabtu, 18 Oktober 2008
Kumpulan Situs Upload Lokal
Iseng-iseng kumpulin list situs online untuk file storage. Udah dapat lumayan banyak, 10+ situs - cukuplah buat kita pilih untuk dipake. Kebanyakan dari mereka adalah gratis dan cukup mudah digunakan. Kita bisa memanfaatkannya untuk meng-upload file-file besar, atau sekedar mem-backup file penting kita.
Indowebster.com <-- paling demen pake ini.. :) gudangupload.com <--- Sudah coba sign up dan konfirm email, log in, bikin folder tapi kok ga bisa uplad? Tak klik tiap tombol yg ada tp gak bis upload?? Bingung, tp mungkin akunya aja yg belum ngerti pakenya. gilaupload.com Max. Size 1 Gb yg bisa diupload, ga ada expired untuk saat ini. Tp denger2 akhir2 ini gilaupload.com down. Padahal kmren saya coba donlot salah satu filenya ga masalah tuh.
Indoupload punya 2 situs:
yang hosting image: indoupload.com
yang ini hosting segalanya : indoupload.net
Tempat upload lainnya:
KitaUpload.Com
UploadGambar.Com
http://storage.biznetnetworks.com/
http://ngaplot.org
http://www.sharekingdom.com/ <--- coba saya buka tp kok connection refused
http://www.mediafire.com/
http://www.hostinglokal.com
http://titipan.net/
tempat upload foto/gambar:
http://upload.kapanlagi.com/
http://images.gilaupload.com/
http://plikimage.com/
http://dompetfoto.org/
http://jupiter.bluefameupload.com/
http://uploadgambar.com/
Kalo mau tau tempat upload2an yang keren dari luar Indo, cek halaman di bawah ini: http://mashable.com/2007/07/28/online-storage/ http://www.smashingapps.com/2008/08/28/5-best-free-file-hosting-services-to-store-your-files.html
/ Sabtu, Oktober 18, 2008 3 komentar
Kategori: internet
Senin, 06 Oktober 2008
Kumpulan PPC Lokal Indonesia
Melihat akhir-akhir ini betapa maraknya bermunculan PPC lokal yang adsense-like, saya merasa perlu untuk membuat semacam list PPC lokal yang ada di Indonesia. Mungkin list ini akan berguna bagi para publisher yang sedang memilih dan memilah PPC lokal mana yang cocok untuk dijadikan content buat blog/website mereka untuk mendapatkan tambahan penghasilan lewat program ini.
Kelebihan dari PPC lokal ini, mereka support blog/situs berbahasa Indonesia. Ya iyalah, namanya aja buatan lokal. Dengan begitu, proses pembayarannya pun menggunakan bank-bank lokal.
Untuk sekarang ini, saya sudah mendeteksi beberapa PPC lokal yang tersedia, dan seiring berjalannya waktu, saya akan berusaha untuk meng-update list ini apabila ada PPC lokal baru yang muncul. Saran dan masukan sangat diharapkan agar list ini bisa tetap up to date, demi kepentingan bersama. So here we go the list.
- KlikSaya.com
- KumpulBlogger.com
- Adsentra.com
- BisnisBlogger.info
- Indofad.com
- PanenIklan.com
- PPCIndo.com
- Adspeedy.com
- PPCInbox.com
- AdsenseCamp.com
/ Senin, Oktober 06, 2008 0 komentar
Kategori: Money making
Senin, 29 September 2008
Selamat Hari Lebaran 2008
Cuma pengen ngucapin selamat hari raya Idul Fitri buat umat Muslim di seluruh dunia. Mohon maaf lahir bathin. Minal Aidzin Wal Faidzin. Sampai ketemu a couple days later. Besok pulang kampung dulu... See U!!!
/ Senin, September 29, 2008 0 komentar
Kategori: Diari
Kamis, 28 Agustus 2008
Blogging = neo-jurnalisme?
Udah sekitar 4 tahunan saya nge-blog, tapi sampe sekarang masih tetep enjoy, seperti pertama kali blogging dulu. Kadang kala saya membanding-bandingkan blogging terhadap bentuk lain dalam mengekspresikan informasi, seperti surat kabar, majalah, dan lainnya. Bagiku, gak salah juga kalo kita menyebut blogging atau publikasi berita secara online itu adalah bentuk baru dari jurnalisme.
Satu kelebihan dari ber-blogging-ria adalah, anda tidak memerlukan latar belakang pendidikan jurnalisme untuk menjadi seperti jurnalis, yang tulisannya dibaca banyak orang. hari ini para pengguna Internet sudah semakin pintar dari yang sudah-sudah. Mereka bisa membuat, menulis, dan mempublikasikan tulisan mereka. Mereka mempublikasikan konten dalam rating yang belum pernah terlihat sebelumnya. Berita kini semakin cepat menyebar. User kini mendapatkan berita mereka langsung dari sumber utamanya.
beberapa perusahaan besar seperti CNN ataupun CBC juga menjadi semakin pintar dalam menyadari bentuk baru dari jurnalisme ini. Mereka tidak segan dan gengsi untuk mulai mempublikasikan berita online mereka lewat Wordpress, salah satu platform blogging terkenal. Dengan melakukan ini, membuktikan bahwa mereka mau tidak mau harus ikut dalam permainan ini, blogging. Link ke blog mereka kini bisa di dapat di banyak blog/situs, membawa banyak traffik ke blog mereka, perhatian yang lebih. Dan saya berani bilang, perhatian yang lebih daripada yang mereka dapatkan lewat layar TV.
Blogging juga telah menjadi sumber pendapatan untuk para jurnalis. Periklanan PPC (pay-per-click) tidak pernah sepopuler seperti sekarang ini. Dan juga, perusahaan-perusahaan besar ikut ke sistem advertising dalam blogosphere, mereka membayar dengan harga tinggi agar iklan mereka tampil di blog-blog. Penghasilan dari PayPal pun semakin bertumbuh akibat semakin banyaknya masyarakat memasang "tombol donate" ke dalam blog/situs mereka. karir jutaan orang telah dibentuk lewat mem-posting konten baru, dan informasi online.
hal inilah yang kemudian membawa kita sampai pada pertanyaan, apakah Blogger dapat dikategorikan sebagai Jurnalis? Iya sih, mereka (blogger) tidak punya kualifikasi latar belakang pendidikan yang Jurnalis beneran sudah dapatkan. tapi mereka menulis dan mempublikasikan informasi-informasi terkini dan relevan, sama seperti apa yang dilakukan para penulis profesional. Dan kemudian, kalau memang para blogger memang dikategorikan sebagai jurnalis gaya baru, haruskah mereka menghadapi konsekuensi yang sama seperti yang media-media hadapi? Biasanya sih, para blogger menulis untuk mengekspresikan diri, menulis tentang apa yang ia minati atau hanya topik-topik tertentu saja. Jadi apakah mereka Jurnalis, atau cuman sebatas orang biasa yang menulis hanya sebagai hobi? Haruskah mereka berada di bawah hukum jurnalisme?
kalau kita bicara tentang blogger, maka kita juga akan berbicara mengenai kredibilitas. Jurnalis pada umumnya dikenal mempunyai kredibilitas yang lebih dibanding blogger. Atau sama? Bayangkan konsekuensi yang dihadapi para penulis profesional ketika melakukan kesalahan dalam tulisan/publikasi atau kekeliruan dalam penyampaian informasi, haruskah para blogger juga menghadapi konsekuensi yang sama? Atau haruskah kita tinggalkan saja para blogger ini jika mempublikasikan sesuatu yang melanggar hak cipta atau material yang sifatnya pagiarisme?
Sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya ingin menanyakan sesuatu. Apakah "blog gambar--picture blogs" itu memang benar-benar blog? Dalam pengertian yang sederhana, apakah bisa disebut blog jika isinya cuma gambar? Blog atau foto album? Dan apakah blog fotografi itu juga termasuk jurnalisme, atau cuma foto album?
Jadi gimana? Apakah blogging itu bisa dibilang, neo-jurnalisme? Apakah surat kabar akan mati? Darimana anda mendapatkan berita? Apakah anda berlangganan lewat distribusi berita online, atau RSS feed, atau surat kabar offline? I really want to know! :D Kalau anda punya opini silakan komentar di tulisan ini ato kirim email ke imhaya@yahoo.com juga gpp. Saya akan membalas email yang masuk. Thanx!
/ Kamis, Agustus 28, 2008 0 komentar
Kategori: Blogging
Rabu, 27 Agustus 2008
5 Alasan Kenapa Pemimpi Bisa Menjadi Pemimpin
Bermimpi adalah kepribadian dari para entrepreneur atau para pemimpin. Dunia mungkin tidak akan pernah melihat kelahiran PC jika saja mimpi Bill Gates tidak pernah datang. Kita mungkin tidak akan pernah mengenal lagu seindah seperti "imagine" jika saja John Lennoon tidak pernah bermimpi untuk menjadi seorang musisi. Orang-orang seperti mereka bermimpi dan mereka bermimpi BESAR.
Kita semua bisa bermimpi tapi apa bagusnya jika mimpi-mimpi itu tidak bisa dimaterialkan menjadi sebuah realitas? Satu hal yang pasti, mimpi seharusnya lebih spesifik daripada sekedar angan-angan setengah sadar. Bener gak? Dan juga, tidak bisa dipungkiri bahwa motivasi adalah bagian penting dari kepemimpinan. Motivasi dapat timbul hanya jika kita punya tujuan, dan tujuan ada ketika kita menginginkan sesuatu, mimpi, cita-cita, atau semacamnya. jadi apa yang memisahkan antara para pemimpin daripara pemimpi? Di tulisan ini saya mencoba untuk mencari jawabannya.
Kejernihan pandangan ke depan.
seseorang yang mencoba untuk menaiki 2 kuda sekaligus pasti selalu gagal. Bagiku ini realitas penting. Dan akan lebih jelas lagi jika kita mempelajari realitas ini: 10% kesuksesan suatu bisnis tergantung pada produknya. 90%-nya lagi tergantung pada strategi apa yang kita lakukan untuk membawanya ke pasaran. Dan ini bisa diatasi hanya jika ada mimpi. Satu-satunya cara seseorang bisa menyadari mimpinya adalah jika ada cukup kejernihan tentang apa yang diinginkan. Jika pandangan kita mengenai apa yang ingin kita capai kabur, kita mungkin tidak akan pernah mencapai mimpi kita. Seorang pemimpin harus mem-visualisasi-kan mimpinya agar dapat menyentuh puncak kesuksesan. mari kita ambil contoh Steve Jobs. Steve menghabiskan beberapa tahun untuk mencapai apa yang ia inginkan tetapi karena ia mempunyai visi yang jelas tentang apa yang ia ingin capai. Apple Inc, tidak akan sehebat sekarang ini jika bukan karena visinya.
Pemikiran yang radikal.
Seseorang yang punya mimpi memiliki tindakan yang radikal. Karena dia tahu betul apa mimpinya, lambat laun dia kemudian akan terkoneksi dengan mayoritas. Dia akan menunjukkan kepada dunia cara berpikir yang berbeda, bersamaan dengan itu dia akan membawa perspektif baru bagi hidup. Sekali dia terhubung dengan orang-orang, dia secara otomatis akan menjadi pemimpin. Mahatma Gandhi yang cuman punya satu set pakaian, dijadikan contoh oleh banyak pemimpin di seluruh dunia, cuma karena kata-katanya dan kebajikannya. Siapa yang bisa mengira kalau orang ini akan membebaskan sebuah bangsa hanya dengan membawa manusia bersama-sama melawan tanpa kekerasan dan senjata. lagian, bahkan Hitler pun tidak akan sukses menjadi salah seorang pemimpin yang paling diktator di dunia jika saja bukan karena pemikiran radikalnya.
Hasrat yang menyala-nyala.
"Hasrat adalah titik awal dari segala pencapaian, bukan harapan, bukan keinginan, tetapi hasrat yang kuatlah yang melebihi segala-galanya." - Napoleon Hill
Ada garis yang jelas antara pemimpi dengan pemimpin: Hasrat. Bahwa hasrat itulah yang membuatnya sukses dan tetap hidup untuk mencapai tujuannya. Hasrat ini mampu memunculkan motivasi dan menginspirasinya, bahkan dari matanya akan kelihatan semangat yang menyala-nyala.
Keyakinan dan kekuatan.
Mimpi seringkali tanpa disadari akan memberi kita keyakinan dan kekuatan yang bekerja bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk orang di sekitar kita. Saat kita tahu kita mau ke mana dan apa yang kita inginkan, kita akan mengambil keputusan terbaik dan tidak takut mengambil resiko, ketika pada saat yang sama orang lain tidak berani dan memilih passif. Sikap kita terhadap mimpi kita akan menghasilkan hal-hal positif. Coba kita ingat pidato si Martin Luther King Jr., "I have a dream" tentang bagaimana hasratnya untuk menyatukan kulit putih dengan kulit hitam. Dia punya mimpi dan kemudian dia hidup untuk itu. hanya 1 orang itu melawan jutaan orang, demi memperlihatkan sebuah dunia yang lebih baik. Dia memperoleh keyakinan dan kekuatan untuk melakukan itu semua karena mimpinya.
Melapangkan hati.
Terakhir, salah satu sebab yang paling penting mengapa pemimpi bisa jadi pemimpin, karena mereka melapangkan hati. hati adalah rumah mimpi, di sanalah mimpi dijaga. Impian tidak hanya muncul di otak, tapi juga di hati. Keikhlasan untuk mengerjakan sesuatu bukan dari otak, tapi dari hati. Dan kita akan melakukan lebih banyak lagi jika kita senantiasa melakukannya dari hati. Impian mempunyai kekuatan untuk menggerakkan kita sampai ke pencapaian karena kita hati kita senantiasa menjaganya. Seorang pemimpi belajar dari kegagalan dan terus gigih hanya karena dia mau mencapai impiannya. Level energi secara otomatis akan selalu terpompa. Ray Kroc, pemilik McDonalds ditolak 8 kali sebelum dia berhasil mendapat dana untuk memulai rencana.
Well, mungkin, saran saya di atas bisa menjadi permulaan yang baik bagi non-pemimpi untuk mulai bermimpi. Bukan maksudnya mimpi di kala tidur, tapi suatu mimpi yang terbaring di lubuk hati. Sungguh, mengagumkan mengetahui bahwa satu mimpi dapat mengubah hidup seseorang (bahkan banyak orang). Seorang pemimpi belum tentu pemimpin, tapi seorang pemimpin sudah pasti seorang pemimpi. jadi tunggu apa lagi? Mulailah bermimpi dan jadikan itu realitas. Buruan, selagi masih gratis...
/ Rabu, Agustus 27, 2008 1 komentar
Kategori: Motivasi
Senin, 25 Agustus 2008
Masihkah cafe/warung internet sebuah bisnis yang menjanjikan?
beberapa teman bertanya bagaimana menurut saya tentang usaha warnet sekarang ini, apakah masih menjanjikan terutama di kota Makassar ini? sekitar 5 tahun lalu, prospek bisnis ini lebih baik, bahkan sangat baik. Saya sendiri begitu optimis dengan keberadaan GMnet waktu itu. Tapi perasaanku saat ini tidak sehebat waktu itu setelah melihat perkembangan sekarang, dan melakukan sedikit perhitungan.
Seperti bisnis rental lainnya, ada begitu banyak faktor penting yang akan memberi efek pada sukses tidaknya industri kafe internet ini. beberapa di antaranya, menurut saya adalah:
- Lokasi. Pilihan lokasi yang strategis, adalah faktor yang sangat penting. Menemukan lokasi yang cocok seperti menemukan sebuah tambang emas. Memilih lokasi yang salah sama saja membuang-buang modal.
- Kompetisi. bagi orang yang berjiwa bisnis, kompetisi hanyalah semacam perlombaan yang akan menghasilkan harga terendah untuk memenangkan konsumen. Ketika hal itu baik untuk konsumen, belum tentu baik untuk pelaku usaha. Ada batas tertentu di mana harga yang bergerak ke titik terendah akibat persaingan dapat membuat anda, atau lawan anda mengalami kebangkrutan. Anda tidak bisa mengharapkan kembali modal dengan cepat, jika misalnya harga sewa internet perjamnya hanya Rp.2500,-. Saya berani bilang, kalau di industri ini tidak ada kesetiaan pelanggan, yang ada hanya pelanggan yang mencari warnet yang lebih murah.
- Kualitas/konsistensi konektivitas internet. Sudah barang tentu, hal inilah yang sering membuat pelanggan tidak kembali lagi untuk kedua kalinya ke warnet kita, apabila koneksi internetnya sangat tidak memuaskan. Meskipun hal ini tidak berlaku di tempat yang jarang warnet (karena pelanggan tidak punya banyak pilihan), seperti kota kecil, mempunyai koneksi di bawah standar adalah suatu masalah vital. Beberapa orang menyarankan koneksi yang eksklusif, namun sebagian yang lain mempertimbangkan masalah biaya tambahan untuk itu. Tergantung dari pemilik usaha, memilih koneksi yang ideal untuk warnetnya sendiri.
- Lisensi software. Banyak pelaku bisnis warnet tidak menghitung biaya untuk yang satu ini dalam proposal usaha mereka. Itu dikarenakan masih banyaknya software bajakan yang bisa didapatkan dari berbagai sumber secara gratis. Meskipun begitu, ketahuilah bahwa banyak di luar sana software yang begitu populer bagi user, yang (memang gak murah) perlu untuk disediakan sebagai full-lisensi. Apalagi untuk warnet yang merangkap game-center, misalnya. Banyak game multiplayer yang populer, meskipun lisensinya mahal, tapi demi kebaikan jangka-panjangnya, boleh lah dibeli lisensinya.
- Perencanaan ROI. Merencanakan return-of-investment juga penting. Berapa lama target anda untuk mengembalikan modal awal? Kalau dulu waktu awal-awal munculnya warnet, mengembalikan modal setahun adalah mudah. Tapi bagaimana sekarang? melihat banyaknya persaingan harga, sehat atau tidak sehat, mengembalikan modal dalam waktu 3 tahun sudah termasuk beruntung. Bisa saja, di tengah-tengah proses kita akan mengorbankan waktu yang lebih, energi, tabungan pribadi, untuk dengan cepat memenuhi target ROI.
- Dll seperti hardware (hari gini masih pake Windows 98?), pelayanan (OP-nya kok galak banget seh), tempat yang nyaman (warnet kok banyak kecoanya), dst.. dst.
Dengar-dengar, di luar negeri sudah ada warnet yang bisnisnya dijalankan berbasiskan franchise/waralaba. Di Indonesia sendiri, saya belum pernah mendengar bisnis waralaba cafe internet. menurut saya ini patut dicoba, meskipun baru mendengarnya saja sudah bikin kita pusing membayangkan bagaimana sistemnya. Tapi daripada menunggu franchise dari luar yang masuk ke sini, kenapa bukan kita, orang Indonesia yang mengambil inisiatif dalam berinovasi? Kalau saja modal bukan masalah, mungkin aku akan meluangkan waktu lebih untuk memikirkannya. Pokoknya saya tunggu aja, semoga udah ada yang meliriknya.
/ Senin, Agustus 25, 2008 0 komentar
Kategori: Karir